GALILEA (PELAYANAN)

GALILEA (PELAYANAN)

Renungan GKKD Jakarta – Kamis 21 Mei 2015
GALILEA (PELAYANAN) – LUKAS 4 : 1, 14 – 18

Lukas 4:1 Yesus, yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari sungai Yordan, lalu dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun.

Lukas 4:14 Dalam kuasa Roh kembalilah Yesus ke Galilea. Dan tersiarlah kabar tentang Dia di seluruh daerah itu.

Lukas 4:18 “Roh Tuhan ada pada-Ku, oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin;…….

Kitab Lukas menggambarkan dengan detail peran ROH KUDUS dan bagaimana ROH KUDUS bekerja dalam 3 proses rohani yang dialami Tuhan YESUS. Ini menjadi contoh bagi kita bagaimana TUHAN ingin supaya kita mengalami pengurapan ROH KUDUS dalam memasuki pelayanan kita.

Di ayat 1, Lukas menulis YESUS yang penuh ROH KUDUS. Artinya setelah keluar dari Sungai Yordan, YESUS penuh dengan ROH KUDUS. Ini juga pengalaman kita ketika TUHAN melawat kita saat kita pertama kali bertobat, saat kita dibaptis air, saat kita dibaptis ROH KUDUS, saat kita ikut retreat, saat kita dipulihkan TUHAN dari kemunduran rohani kita. Penuh ROH KUDUS adalah akibat kita mengalami GRACE dari TUHAN.

Di ayat 4, Lukas menulis dalam Kuasa Roh YESUS kembali ke Galilea. Dalam kuasa Roh menunjukkan ROH KUDUS tidak hanya memenuhi YESUS, tetapi YESUS sekarang berada dalam KUASA ROH KUDUS. Ini adalah akibat DISIPLIN ROHANI yang dilakukan YESUS di Padang Gurun. Jika kita murid YESUS, maka kitapun harus mengikut YESUS. Kita mengikut YESUS tidak hanya sampai di Sungai Yordan seperti kebanyakan orang pada masa itu, tetapi kita mengikut YESUS melalui Padang Gurun dan sesudah itu melayani bersama DIA. Bukankah itu indah sekali?

Itulah sebabnya YESUS tidak langsung pelayanan tetapi pergi ke Padang Gurun. Sesudah mengalami kasih TUHAN, mari kita hidup dalam Disiplin Rohani sebagai murid KRISTUS, karena hanya itu yang bisa mengubah hidup kita untuk selalu penuh kuasa ROH KUDUS.

renungan oleh Davidy Silalahi

klik SHARE atau BAGIKAN agar lebih banyak orang diberkati

instagram.com/gkkdjakarta
bit.ly/youtubegkkd
gkkdjakarta.com