KOMUNIKASI DIMULAI DARI MENDENGAR

KOMUNIKASI DIMULAI DARI MENDENGAR

KOMUNIKASI DIMULAI DARI MENDENGAR
YAKOBUS 1 : 19
Banyak orang mengartikan komunikasi itu berbicara dan menyampaikan sesuatu. Namun apa kata firman Tuhan mengenai hal ini? Ketika berbicara mengenai berkomunikasi, Alkitab mengatakan “Jikalau seseorang memberi jawab sebelum mendengar, itulah kebodohan dan kecelaannya.” (Amsal 18:13) Ya, memberikan jawaban tidaklah lebih penting dari mendengar. Justru komunikasi yang terbaik adalah diawali dengan mendengar.
Mendengarkan membuat Anda mengerti konteks yang sedang dibicarakan. Mendengarkan membuat Anda bisa berpikir sebelum menjawab (nanti kita akan bahas lebih lanjut mengenai hal ini di renungan berikutnya). Pernah mendengar statement ini, “Ah, ngobrol sama dia mah nggak nyambung.” Karena apa? Karena berkomunikasi adalah tentang mendengar dan memperhatikan. Banyak orang dalam berkomunikasi suka sekali berkata-kata, tetapi lambat mendengar, namun firman Tuhan berkata: “… setiap orang hendaklah cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berkata-kata, …” (Yakobus 1:19).
Mari perbaharui cara Anda berkomunikasi, sesuai dengan yang Alkitab ajarkan. Mulailah mendengarkan ketika berkomunikasi, jangan tergesa-gesa memberikan jawaban, bahkan sekalipun Anda sudah mengetahui jawabannya. Sikap demikian meningkatkan kemampuan Anda berkomunikasi dengan orang lain. Dan mereka pasti akan lebih menghargai untuk berkomunikasi dengan Anda, karena mereka merasa dihargai ketika didengarkan.

klik SHARE atau BAGIKAN bila renungan ini memberkati saudara/i.

instagram.com/gkkdjakarta
facebook.com/gkkdjakarta
bit.ly/youtubegkkd
gkkdjakarta.com

‪#‎renunganharian‬ ‪#‎ayat‬ ‪#‎pasal‬ ‪#‎kitab‬ ‪#‎alkitab‬ ‪#‎gereja‬ ‪#‎verseoftheday‬ ‪#‎verse‬ ‪#‎chapter‬ ‪#‎Bible‬ ‪#‎dailydevotion‬ ‪#‎dailyinspiration‬ ‪#‎church‬

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>